18 Feb 2010

Tentang MSD Yogyakarta


Memenuhi saran-saran dari mahaiswa LPK MSD dan juga melihat peluang besar profesi Disainer Komunikasi Visual (Disainer Grafis), Akademi MSD resmi berdiri pada tanggal 12 Desember 2002 sesuai SK Mendiknas No. 252/D/O/2000. Sesungguhnya dorongan untuk mendirikan akademi telah bermula sejak tahun 1993, tahun awal pendirian LPK MSD. Namun, Yayasan Pakapti Mulia yang menaungi MSD memilih menunggu hingga fasilitas pendidikan seperti gedung, studio, laboratorium, perpustakaan, dlsb, tersedia lengkap dan memadai. Kemudian kurikulum yang padat dan memenuhi kebutuhan jaman disusun dan dosen-dosen muda yang berprestasi dan berpengalaman sebagai praktisi direkrut. Sehingga Akademi MSD siap mendidik Anda menjadi disainer komunikasi visual yang handal dan profesional. Dengan sekitar 400 mahasiswa, MSD adalah Akademi Seni Rupa dan Disain dengan jumlah mahasiswa terbesar di Jawa Tengah dan DIY.

Tujuan Pendirian Akademi
Membentuk lulusan agar menjadi praktisi profesional di bidang seni rupa dan disain yang mampu terus berinovasi dalam berkarya, mampu menciptakan lapangan pekerjaan, mampu bersaing dalam era perdagangan bebas dunia namun berbudi pekerti luhur sesuai falsafah Pancasila.


Status dan Program Studi
Berdasarkan SK Mendiknas No. 252/D/O/2000, Akademi MSD memperoleh status Terdaftar untuk Program Studi Disain Komunikasi Visual.


Tujuan Pendidikan
Mendidik mahasiswa agar menjadi tenaga profesional di bidang disain komunikasi visual yang berkemampuan :

Mencari gagasan baru dan berpikir pragmatis dalam proses penciptaan karya disain komunikasi visual.

Merencanakan strategi visual melalui media sebagai suatu paket rancangan komunikasi visual sesuai dengan kondisi yang ada.

Menyajikan rancangan disain komunikasi visual secara mandiri untuk sign system, corporate identity, tipografi, sales promotion atau periklanan yang komunikatif, persuasif, artistik dan "menjual".

Disainer Grafis, Profesi Bergengsi

Disain Komunikasi Visual atau yang populer disebut Disain Grafis merupakan lahan profesi bergengsi yang makin diminati kaum muda saat ini. Teknologi komputer yang makin canggih membuat dunia Disain Komunikasi Visual kian marak. Ide-ide kreatif dapat dituangkan tanpa batas dalam merancang berbagai media komunikasi visual, seperti brosur, iklan, poster, website, kemasan, sign, film animasi, corporate identity, dan lain-lain. Tak heran jika profesi Disainer Komunikasi Visual/Disainer Grafis menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang berjiwa dinamis dan kreatif. Peluang untuk bekerja begitu besar dengan gaji dan fasilitas yang baik. Kesempatan berwirausaha pun terbuka luas.


Fasilitas Lengkap, Posisi Strategis
Fasilitas ruangan yang ber-AC serta peralatan yang lengkap tentu akan membuat lancar proses belajar-mengajar. Gedung kampus Akademi MSD yang megah dan berwarna-warni dirancang khusus untuk menumbuhkan suasana yang menunjang kreativitas. Terletak di jalan Taman Siswa, jalur pendidikan bergengsi di Yogyakarta, Akademi MSD mudah dijangkau dengan angkutan umum. Selain ruang-ruang kelas yang nyaman tersedia pula fasilitas pendidikan penting seperti:

Laboratorium Komputer

Tersedia 2 unit laboratorium komputer berisi total 62 unit komputer Pentium IV sistem jaringan, dilengkapi dengan printer dan scanner.

Studio Foto

Terdapat 2 studio foto dengan berbagai peralatan fotografi yang lengkap dan modern, seperti lampu studio Hensel dan Visatec, kamera digital, kamera medium format Mamiya, table-top dan sebagainya.

Studio Airbrush

Untuk praktek ilustrasi airbrush, tersedia studio dengan 15 unit airbrush Badger.

Perpustakaan

Untuk menambah wawasan, tersedia perpustakaan yang luas dan nyaman dengan berbagai koleksi buku seni rupa, periklanan dan disain grafis, terbitan luar maupun dalam negeri.

Materi yang Dipelajari

Mata kuliah teoritis seringkali membuat bosan dan jenuh. Padahal sedikit sekali mata kuliah tersebut dapat diterapkan di dunia kerja yang sesungguhnya. Tidak begitu halnya yang dipelajari di Disain Komunikasi Visual karena merupakan paduan 30% teori yaitu berupa mata kuliah umum dan teori-teori yang menunjang perancangan, serta 70% praktek berupa Nirmana, Ilustrasi, Komputer Grafis, Fotografi Disain, Animasi Komputer, Visual Merchandising. Dan sebagainya. Segala hal yang akan ditemui di dunia kerja dipelajari di sini.Melalui proses belajar yang serius namun penuh keakraban, para dosen Akademi MSD akan membimbing mahasiswa mulai dari pengembangan bakat sampai dengan penguasaan kemampuan (skill) baik secara manual maupun dengan komputer grafis.

http://www.msd.ac.id

Tidak ada komentar:

Apa yang anda cari