6 Apr 2011

Membuat Patung David Beckham dari Photo

Membuat Patung David Beckham dari Photo

Sorry yaa temen-temen.. saya lama gak posting.. yaah, biasa sih.. alesannya karena sibuk hehehehe…

Oia.. saya sih sebenernya sama sekali gak keberatan ( kalo keberatan saya minta tolong bantu angkatin yah .. :p ) semua tutorial photoshop di web ini di Posting ke blog nya mas-mas, mba-mba, aa, dan teteh, bapak-bapak dan ibu-bu sekalian… tapi please kasih link ke ilmuphotoshop.com… karena Mengarang dan nulis itu lebih susah dan penuh perjuangan (keringetan , berdarah-darah, jari sampe bengkok-bengkok, dan sampe gak makan minum seharian sehingga badan jadi kurus kering kayak gini (boong banget yang ini ) .. hehehe lebay dot com .. << kalo Ini rekayasa penulis aja ..hihihi). Jangan biasa in copy paste, yaa minimal edit dikit gambar dan kata-kata nya.. karena pekerjaan yang mudah kayak gitu bikin kita jadi males dan gak kreatip (pake f) ..Saya seneng banget tutorial photoshop saya ini disenengin dan di sebarin di BLog nya mas-mas, mba-mba, aa, teteh, ibu2 dan bapak2.. tapi please tulis sumbernya … :) be a CREATIVE & GOOD BLOGGER .. !

Tutorial Photoshop sekarang tentang bagaimana membuat Patung David Beckham yang berasal dari sebuah Foto.. Foto nya David Beckham tentunya… masa fotonya Tukul :p

Pertama buka foto David Beckham yang original..

Download Foto David Beckham dan Texture nya DISINI

Duplikat layer background dengan menekan CTRL + J

Kita bekerja di Foto hasil duplikat aja ya.. pilih layer 1 ( foto hasih duplikat )

Klik Image > Adjustment > desaturate atau CTRL + SHIFT + U untuk menjadikan Hitam putih.

Zoom bagian mata ..

Aktifkan quick mask mode .. kalo blom tau fungsi quick mas silahkan baca lagi tutorial photoshop saya yang ini..

Klik Brush Tool .. (pilih yang ukuran kecil … dikira-kira aja yang penting bisa buat masking bola mata nya )

Buat yang bagus yaa masking nya… :) … oia.. mata satu lagi jangan lupa …

setelah beres proses masking , Non aktifkan lagi Quick Mask Mode nya..

maka mata akan terseleksi , tapi ini terseleksi mata luar nya… kita harus inverse dulu.. klik Select > inverse..

Klik gradient tool… settingan gradient ada di gambar..

Buat gradient buat di dalem mata.. gradient warna gelap di bawah ..

Kalo nanti hasilnya urang memuaskan… warnai samping mata dengan brush ukuran kecil dan warna abu-abu gelap.

ini hasilnya :

warna yang gelap seperti alis, rambut, jenggot terangin dengan dodge tool..

Hapus background putihnya.. Karena warna background putih, ini jadi sangat memudahkan .. klik magic wand tool trus klik sekali aja di background putih nya.. lalu Ketan Tekan delete! tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi..

Kalo udah kita buka texture file tembok.jpg yang udah di download disini

Drag ke foto david beckham yang sudah diedit barusan..

KEcilin gambar temboknya, puter-puter, pokoknya biar pantes dan pas aja.. hehehe.. kalo mau diganti dengan texture yang lain juga gpp.. misal nemuin gambar batu .. pake aja..

Kalo mau pas, di bikin transparan dulu temboknya.. (opacity nya kurangin aja) .. kalo udah beres opacity nya naikin lagi jadi 100%

Klik Image > adjustment > desaturate untuk membuat tembok jadi hitam putih

CTRL + Klik di layer 1 (foto David Beckham), Klik Layer tembok (layer 2) dan Klik Add Vector mask .. otomatis si tembok akan mengikuti bentuk Seleksi..

Ubah Layer mode menjadi Multiply

udah setengah jadi nih… tapi ada sebagian tangan dan badan nya masih ada..

jangan khawatir… kita potong aja..

matikan dulu layer background

CTRL + klik layer tembok.. klik Select > Inverse .. tekan DELETE..

Taraaa! hilang kan ?

Klik New FILL and adjustment layer > Hue/saturation

Klik lagi New FILL and adjustment layer > LEVEL

Supaya keliatan realistis… Burn semua tepi patung David BEckham

CTRL + Klik Layer 1 untuk menyeleksi..

Klik burn tool… brush semua tepi nya.. kira-kira aja yah.. pokoknya sampai keliatan gelap aja..

Kalo udah keliatan bagus… sekarang kita gabung hasil nya.. dengan menekan CTRL +ALT+SHIFT + E

Buat dokumen Baru File > new

DRAG Layer gambar yang sudah jadi ke dokumen baru

Warnai background dengan warna hitam… pake paint bucket tool..

keliatan ada list putih seputar gambar patung david beckham …

mariii kita hilangkan!

Klik select > Modify > contract (cukup 1 pixel aja)

Klik Select > inverse lalu tekan delete…

Gunakan Poligonal Lasso tool untuk membuat bagian bawah patung biar keliatan seperti patung beneran :D

Seleksi bagian bawah patung seperti gambar .. Tekan DELETE

Gunakan Eraser Tool untuk menghaluaskan hasil potongan bentuk bawah patung

Sekarang kita setting background nya sedemikian rupa.. biar keliatan lebih real lagi..

Gunakan Brush tool (Ukuran Besar dan Soft round) , warna abu-abu…

Kita buat bayangannya sekarang..

Buat layer baru diatas layer background..

gunakan Ellipticak marquee tool … buat Ellips dibawah patung dan warnai dengan warna hitam

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

udah kan ?

kita buat lighting sekarnag..

CTRL + klik di layer patung..

Klik Filter > Render > lighting Effect

Hasil akhirnya harusnya seperti ini :

Silahkan dicoba… selamat belajar yaa juragan !


24 Nov 2010

Membuat Efek Photo Booth pada Foto Krisdayanti

Membuat Efek Photo Booth pada Foto Krisdayanti


Sekarang saya mau pake foto Krisdayanti untuk tutorial photoshop efek Photo booth.. harusnya sih foto yang sejenis dan beda-beda mimik mukanya.. pasti lebih oke.. tapi karena saya gak ada foto yang kayak gitu jadinya pake Foto Krisdayanti aja .. mumpung lagi rame di tipi-tipi…


Buka dokumen baru  ukuran 4 inch x 20 inch .. kalo centimeter terlalu kecil soalnya.. :)



ini penampakan dokumen baru nya :



Buka dokumen foto yang mau di pake.. saya pake foto Krisdayanti ..



Pilih salah satu foto Krisdayanti atau foto yang mau dipake lalu crop ukuran 4 inch x 5 inch.. untuk lebih jelasnya liat gambar aja deh yah..


ukuran dokumen kan 4 inch x 20 inch.. saya crop 4 inch x 5 inch biar nanti pas buat 4 foto.. ngerti kan yah ? kalo gak ngerti silahkan konsultasi ke Ki Joko Bodo .. hehehe..



sekarang aplikasikan crop tool tadi ke dalam gambar.. Drag ujung kanan atas gambar ke bawah kiri gambar .. Crop udah sesuai ukuran 4 inch x 5 inch dan 72 pixel



sekarang masukan gambar kedalam dokumen baru tadi.. dengan cara men drag ( klik > tahan > geser ) .. kalo masih ada yang nanya juga tentang DRAG.. duuhh.. kalo kata Kak Rhoma  itu namanya Ter … La… Lu ..  hehehe.. soalnya anak saya yang masih 7 tahun aja udah ngerti.. :D..


TIPS : cara menghafal drag .. setiap mau tidur ucapkan klik > tahan > geser sebanyak 5 kali.. hehehe..



Perlakukan setiap foto sama.. supaya tidak sirik-sirikan..Crop foto yang lain lalu drag ke dalam dokumen baru.


Atur gambar sehingga berjejer  ke bawah…



sekarang kita beri border setiap foto nya..


Klik kanan layer 1 > blending option , lalu pilih stroke



kalo udah sesuai pilih Ok.. oia.. warna nya bebas yah..


supaya blending layer 1 sama dengan layer yang lain.. kita copy paste aja layer style nya..


Klik kanan layer 1 > copy layer style



Aplikasikan ke layer 2.. Klik kanan layer 2 > paste layer style


begitu selanjut nya sampe ke empat foto memiliki border yang sama



Sekarang kita memiliki 4 layer / 4 foto dengan efek yang sama..



Gabungkan semua layer dengan menekan CTRL + E dimulai dari yang paling atas..



Sekarang tinggal layer background yang isinya gambar hasil Merger / gabung..


Buat dokumen baru dengan ukuran 15 x 20 Inch dan 72 Pixel



Drag foto yang tadi di edit ke dalam dokumen baru..



Atur sehingga berada ditengah..



Supaya fotonya jadi bergelombang, Klik Filter > Distort > Shear



Ini hasil pembengkokan ..



Sekarang putar gambar nya dengan move tool atau Klik Edit > transform > rotate



supaya keliatan realistis..kita beri bayangan ..


Buat layer baru di bawah layer 1 dan diatas layer background  dan di atas Buat bayangan dengan brush tool warna hitam,



Kurangi opacity nya menjadi 50%



Supaya makin seru dan realistik.. kita beri highlight putih di foto nya.


Buat layer baru di paling atas.. Klik layer > new layer.


gunakan Brush warna putih untuk menghighlight bagian foto yang kira-kira perlu aja..



Ubah opacity nya jadi 75 %



masih keliatan brush putih nya di luar foto .. supaya gak keliatan kita join layer highlight (brush putih) dengan foto..


caranya..


Sambil menekan tombol ALT di keyboard , sorot cursor mouse ke garis diantara layer highlight brush putih dan layer foto sampe cursor mouse nya keliatan gambar dua bulatan.. lalu Klik..



Hasilnya :



Gampang kan ?


Selamat mencobaaa… !!





Artikel Membuat Efek Photo Booth pada Foto Krisdayanti ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Apa yang anda cari

Memuat...